Jumat, 05 Februari 2016

ELECTROCHEMICAL GRAINING

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Heyyy...... Guysss....

Kali ini gue mau ngepost tentang electrochemical graining nih, buat loe yang sekolah jurusan persiapan grafika pasti loe tau ini donkk...

Electrochemical Graining

Tahapan prosesnya menggunakan bahan electrolite untuk mengasarkan permukaan pelat, dimana pelat direndam dalam larutan electrolite sehingga akan menghasilkan bagian-bagian yang berlubang yang dipergunakan sebagai dasar peningkatan resolusi tingkat kehalusan permukaan. Karakteristik dari proses electrochemical mengakibatkan pelat memiliki daya sensitivitas sehingga diperlukan tahapan lanjutan yakni anodised/anodized. Larutan electrolite merupakan larutan yang bisa diberi muatan listrik.

Anodising

Tujuannya untuk peningkatan kualitas. Prosesnya pelat direndam dalam larutan alkalin panas sehingga menimbulkan oksida aluminium. Oksida aluminium akan meningkatkan daya resistensi terhadap gejala fisik dan gejala kimia selama proses pencetakan berlangsung. Pada kondisi seperti ini pelat memiliki kekuatan terhadap permukaan sehigga dapat dipergunakan untuk jangka waktu yang lama.

Proses Coating

Coating adalah suatu tahapan proses pelapisan emulsi peka cahaya dengan mempertimbangkan tingkat kerataan lapisan, ketebalan lapisan supaya diperoleh nilai/tingkat soliditas gambar.

Monitoring/Inspection

Tahapan proses pengendalian kualitas yang berkaitan dengan tingkat kepekaan lapisan emulsi terhadap sumber cahaya.

Cutting

Suatu tahapan proses pemotongan ukuran pelat yang didasarkan pada rekomendasi dari pabrik mesin cetak.

Packing 

Tahapan proses pengemasan pelat berdasarkan ukuran, jumlah, ketebalan pelat dengan mempertimbangkan faktor-faktor:
  •     Cahaya

        Selama proses pengemasan ataupun pelat berada dalam kemasan tidak boleh terkena         unsur cahaya.
  •     Friksi

       Tidak boleh terjadi gesekan antara lembar pelat yang satu dengan lembar pelat yang             lainnya karena akan mengakibatkan rusaknya permukaan pelat.

Sekian dulu deh dari gue, semoga bermanfaat untuk kita semua... :)

Wabilahitaufiq Walhidayah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar